Penguasaan materi penataan kawasan (rancang kota) dan bisnis property menjadi subtansi penting dari perkuliahan Real Estate Syariah (RES). Perkembangan pesat pada desain kawasan real estate dan bisnis profesi dengan pendekatan syariah menjadi salah satu focus dari perkuliahan tersebut. Oleh karena itu, mata kuliah ini memandang perlu menjamin kebaruan informasi-informasi terhadap isu terkait baik melalui hasil penelitian maupun perkembangannya di dunia professional.

Pada hari Selasa, 8 November 2017, Prodi Arsitektur UMS mengadakan Kuliah Umum 3 sebagai rangkaian Kuliah Umum di periode tahun 2017. Kuliah umum tersebut diadakan di Ruang Seminar Gedung G Kampus 2 dengan menghadirkan Ir. Bambang Ifnurudin dari Pesantren Property Plus Indonesia sebagai narasumber utama. Kuliah umum tersebut mendapatkan respon sangat baik, ditandai dengan partisipasi aktif dari 72 mahasiswa Prodi Arsitektur UMS dan beberapa staf pengajar.

Di dalam kuliah umum tersebut, narasumber berbagi informasi tentang strategi bisnis property secara syariah, yaitu dengan menekankan pada strategi pembangunan tanpa modal uang dengan cara mengembangkan silaturahmi dan teknik negosiasi yang baik. Narasumber memberikan gambaran pengalaman para professional di lapangan sebagai gambaran dunia nyata yang penting untuk dikuasai mahasiswa. Kiat-kiat bisnis yang disampaikan menjadi inspirasi bagi mahasiswa untuk mengembangkan bisnisnya di masa yang akan datang. Dengan demikian, diharapkan kegiatan ini membawa dampak terhadap peningkatan minat mahasiswa untuk mengembangkan bisnis property secara professional dan Islami.

Penulis: Wisnu Setiawan