Sebagai salah satu bentuk media komunikasi dan apresiasi mahasiswa Tugas Akhir dalam hal mempromosikan hasil karya Tugas Akhir serta memperkenalkan Program Studi Arsitektur Universitas Muhammadiyah Surakarta kepada khalayak umum, terwujudlah kegiatan Pameran Karya Tugas Akhir Periode 1V (April-Juli) 2018) yang diikuti oleh 55 mahasiswa Arsitektur UMS dengan nama kegiatan “ARCHSPACE”. Kegiatan ini berlangsung pada hari Minggu, 29 Juli 2018 lalu yang juga menjadi salah satu pengisi acara kegiatan Solo Car Free Day dengan lokasi di depan Gedung Graha Prioritas, Sriwedari, Solo. Dipilihnya waktu dan lokasi tersebut adalah agar kegiatan tersebut dapat menjadi promosi hasil karya Tugas Akhir kepada masyarakat umum secara lebih terbuka, sehingga masyarakat dapat mengetahui dan menilai karya yang dihasilkan oleh mahasiswa.

Terdapat 55 karya Tugas Akhir berupa gambar kerja dan maket bangunan/kawasan yang ditampilkan dalam pameran tersebut, terdiri atas karya perencanaan dan perancangan bangunan serta perencanaan dan perancangan kawasan. Pengunjung dapat memberikan penilaiannya masing-masing terhadap karya yang disuguhkan dengan melakukan voting. Hasil voting nilai karya terbanyak dari pengunjung akan menjadi salah satu bentuk apresiasi terhadap mahasiswa sebagai Karya Tugas Akhir Terfavorit. Hal semacam ini menjadi sebuah motivasi bagi masing-masing mahasiswa di kemudian hari bahwa yang mereka ciptakan pantas mendapatkan apresiasi yang layak, selain itu juga menjadi penyemangat bagi mahasiswa Tugas Akhir periode selanjutnya agar dapat menciptakan sebuah karya yang sebaik-baiknya.

Kegiatan Pameran Karya Tugas Akhir ini menjadi salah satu wujud dari promosi Karya Tugas Akhir Mahasiswa dan Prodi Arsitektur UMS. Dari kegiatan ini diharapkan akan ada banyak pihak yang mendapatkan manfaat dan pengetahuan di bidang arsitektur. Bukan hanya mahasiswa mendapatkan pengalaman berharga selama berinteraksi dengan masyarakat umum, masyarakat umum pun mendapatkan informasi dan wawasan di dunia kearsitekturan secara lebih luas dan mendalam.

ditulis oleh: Hafiz Aditya