Workshop Pengelolaan Jurnal Elektronik Dengan Menggunakan Open Journal System

Event Description

Latar belakang

Berdasarkan Peraturan Direktur Jenderal Kemenristek Dikti Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah, salah satu persyaratan akreditasi jurnal ilmiah adalah adanya versi online untuk jurnal yang bersangkutan. Versi online ini memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan versi cetak salah satunya adalah luasnya akses junal tidak hanya pembaca tapi calon penulis dan mitra bestari. Selain itu, distribusi yang lebih luas dan mampu menghemat biaya produksi karena tidak menggunakan kertas yang berbiaya sangat mahal.

Melalui sistem jurnal online, pengelola akan lebih mudah mengendalikan jurnal yang dikelola. Hal ini akan mendukung keterlibatan pihak pengelola dengan pengelola jurnal lainnya untuk dapat saling berkomunikasi dan bertukar informasi khususnya mengenai pengembangan jurnal yang dikelola masing–masing.

Akan tetapi, salah satu yang menjadi kendala adalah belum mampunya sumberdaya manusia khususnya pengelola jurnal dalam mengaplikasi jurnal mereka secara online. Para pengelola umumnya masih belum memahami teknik-teknik pengelolaan jurnal melalui Open Journal System (OJS) yang dikembangkan di Indonesia untuk pengelolaan jurnal secara online.

Kelebihan dari OJS ini adalah sistem ini tidak berbayar (gratis) bisa di unduh oleh siapa saja khususnya pengelola jurnal di semua institusi pendidikan di Indonesia. OJS mencakup fitur–fitur yang sangat lengkap sehingga mendukung berbagai keperluan pengelolaan jurnal mulai dari submission, review, editing, hingga penerbitan nomor jurnal yang bersangkutan.

Melalui sistem ini rekam jejak jurnal akan sangat mudah didokumentasikan, salah satu manfaatnya adalah untuk keperluan akreditasi. Sistem ini juga memiliki sistem multi bahasa, salah satunya Bahasa Indonesia. Karena bersifat open source, sistem ini mudah dikembangkan sesuai dengan kebutuhan masing–masing jurnal.

Tujuan dan Materi

Pelatihan ini ditujukan untuk memberikan kemampuan kepada pengelola jurnal untuk menjalankan jurnal elektronik dengan menggunakan Open Journal System. Adapun materi pelatihan meliputi: setup jurnal online, editorial (menerima naskah, mengelola naskah, menerbitkan jurnal), submission artikel dan review artikel. Pelatihan juga dilengkapi dengan dengan materi tentang kebijakan akreditasi jurnal online, indexing jurnal online di lembaga-lembaga internasional seperti Scopus, DOAJ, Thomson Reuters serta pendaftaran ke database Crossref untuk mendapatkan DOI.

Metode

Workshop dilaksanakan dengan metode interaktif, peserta langsung mempraktekkan teori-teori yang diajarkan oleh trainer. Setiap lima orang peserta akan didampingi oleh salah satu co-trainer selama sesi workshop, untuk menjamin bahwa peserta bahwa peserta benar-benar menguasai teknik-teknik yang diajarkan di dalam workshop. Trainer dan co-trainer sudah berpengalaman dalam mengelola jurnal online dalam memberikan pelatihan Open Journal System.

Nara Sumber

  1. Tole Sutikno, Ph. D. (Editor-in-Chief Jurnal TELKOMNIKA)
  2. Materi: Gaya Selingkung Portal E-Journal Sesuai Instrumen
  3. Dr. Istadi (Pembina Jurnal Elektronik Kemenristek Dikti)

Materi

Gunawan Ariyanto, Ph. D. (Ketua Lembaga Pengembangan Publikasi Ilmiah dan Buku Ajar UMS)

Tempat

The Sunan Hotel Solo
Jl. Ahmad Yani No. 40, Kerten, Laweyan, Surakarta, Jawa Tengah 57143.