[1] Pengumpulan Laporan dan Naskah Publikasi 2018

 

[2] Pendaftaran Ujian Seminar Penelitian 

[3] Agenda Ujian Seminar Penelitian Skema Percepatan 2018

[4] Bahan Kuliah Umum #2: Metode Penelitian

[5] Download Panduan Seminar Penelitian

[6] Daftar Judul Seminar Penelitian per Januari 2018

 

 

Pengertian

Seminar Penelitian merupakan mata kuliah pengkayaan kompetensi inti lulusan (arsitek profesional) melalui kompetensi tambahan kemampuan riset dan kewirausahaan. Mata kuliah ini  dirancang untuk menjadi pengantar Tugas Akhir dan membekali mahasiswa dengan kemampuan kritis terhadap fenomena yang ada di lingkungan dan masyarakat. Mata kuliah ini diselenggarakan selama satu semester penuh, dengan metode pembelajaran studi mandiri dalam bimbingan dosen pembimbing yang tejadwal dan terstruktur. Mata kuliah ini ditempuh oleh mahasiswa dalam sistem perorangan. Pada bagian akhir, mahasiswa wajib mempresentasikan hasil penelitiannya di hadapan tim penguji. Forum seminar ini sifatnya terbuka bagi umum, dosen pembimbing hanya bertindak sebagai fasilitator. Sebelum mengambil MK ini, mahasiswa harus pernah mengikuti forum seminar yang diselenggarakan oleh kelompok lain.

Tujuan

Mahasiswa mampu merencanakan, melaksanakan dan menyusun laporan hasil penelitian ilmiah untuk penelitian bidang desain, kewirausahaan atau penelitian arsitektur lainnya serta mampu menyampaikannya dalam forum seminar ilmiah melalui presentasi yang baik.

Prasyarat Pendaftaran Seminar Penelitian

Untuk dapat menempuh mata kuliah Seminar Penelitian, berdasarkan Kurikulum 2014 Arsitektur UMS mahasiswa harus sudah menyelesaikan memenuhi syarat telah menempuh minimal 119 SKS dan harus sudah menyelesaikan 9 mata kuliah prasyarat dengan nilai minimal C.

 

Mata Kuliah Pra-syarat Seminar Penelitian Minimal
Pancasila C
Kewarganegaraan C
Agama Islam C
Ibadah & Muamalah C
Islam & IPTEKS C
Kemuhammadiyahan C
Bahasa Indonesia C
Metodologi dan Statistika Riset Penelitian C
Aplikasi Komputer 3 C