Pada hari Jumat (3/05/2019,) dua mahasiswa Program Studi Arsitektur Universitas Muhammadiyah Surakarta berkesempatan untuk menjadi narasumber dalam acara Tempo Doeloe di MTATV, mereka adalah Aulia dan Ratih. Pada episode kali ini, acara tersebut membahas tentang eksistensi dari Kampung Al-Munawar di Palembang, Sumatera Selatan.

Sebelumnya Program Studi Arsitektur UMS telah melakukan kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) ke Kota Palembang, Sumatera Selatan dan salah satu destinasi dari kegiatan tersebut adalah Kampung Al-Munawar. Kampung Al-Munawar merupakan sebuah perkampungan yang terletak di tepi Sungai Musi dan dijuluki sebagai kampung Arab karena mayoritas penduduknya berdarah Arab. Di dalam acara tersebut, Aulia dan Ratih menjelaskan sejarah beserta asal mula terbentuknya kampung Al-Munawar dan menjelaskan bangunan-bangunan yang ada di kampung tersebut dari sudut pandang arsitek.

Dengan hadirnya dua mahasiswa Program Studi Arsitektur UMS di acara tersebut, diharapkan kedepannya mahasiswa Program Studi Arsitektur UMS yang lainnya dapat berkontribusi dalam sebuah kegiatan ataupun acara untuk lebih sering menyampaikan pengalaman dan ilmu mereka kepada masyarakat luas sebagai sebuah bentuk pembelajaran.

 

Penulis: Ardhiansyah Irsyadi