ARCHIFUN #11 ini merupakan serangkaian kegiatan yang dilaksanakan sebagai bentuk perayaan hari jadi Arsitektur UMS dengan mahasiswa sebagai pelaksananya. Setiap tahun, ARCHIFUN menampilkan acara yang berbeda dan dengan tema yang berbeda pula. ARCHIFUN adalah akronim dari architecture (arsitektur) dan fun (gembira) yang disatukan dan memiliki arti berarsitektur melalui kegembiraan yang bermakna bagi seluruh keluarga besar Arsitektur UMS dan masyarakat. ARCHIFUN #11 kali ini mengangkat tema ‘Menaja Ruang’ atau menata ruang sebagai sebuah elemen yang berkaitan sangat erat dengan dunia arsitektur. Ruang menjadi salah satu elemen kunci yang perlu kita perhatikan dengan baik untuk menciptakan kenyamanan bagi seluruh penggunanya. Karena perannya yang sangat vital, kajian terhadap ruang ini perlu sekali untuk diulas lebih mendalam.

Rangkaian agenda ARCHIFUN terbagi menjadi tiga kegiatan utama. Kegiatan-kegiatan itu meliputi (1) workshop arsitektur sebagai pra-acara kegiatan, (2) sayembara desain arsitektur, (3) serta ditutup dengan pameran virtual arsitektur sebagai puncak acaranya. Kegiatan pertama menampilkan Workshop Arsitektur yang dilaksanakan pada bulan Oktober 2020 dengan mengangkat judul ‘Metodologi Desain Arsitektur’. Sebagai acara pembuka, ARCHIFUN #11 ingin mengajak kembali teman-teman mahasiswa arsitektur untuk memantapkan tahap-tahap penting dalam mendesain arsitektur melalui kegiatan workshop. Peserta mendapat materi di hari pertama dan mengerjakan tugas pelatihan untuk pembahasan di hari kedua. Kegiatan ini berjalan secara daring dengan menggunakan aplikasi tatap muka jarak jauh. Kegiatan tersebut menghadirkan dua pembicara: bapak Teguh Iswara (Arsitek – Urban Designer) dan bapak Wisnu Setiawan (Dosen Arsitektur UMS). Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan diikuti oleh berbagai mahasiswa dari berbagai wilayah Indonesia.

Agenda kegiatan kedua menampilkan Sayembara Desain Arsitektur yang dilaksanakan pada bulan April 2021 dan mengambil judul ‘Rumah Mandiri Pangan’ dan mengusung tema berkaitan dengan pandemi yaitu ‘Maximize Tight Space for Sustainable House-garden’. Tema ini mencoba menggali upaya untuk memaksimalkan lahan kecil pada hunian menjadi sebuah taman untuk mewadahi kebutuhan pangan skala kecil di situasi pandemi Covid-19 maupun setelah situasi tersebut berakhir; dengan demikian, gagasan ini dapat bersifat berkelanjutan. Kegiatan sayembara ini mempunyai output solusi desain untuk beradaptasi dalam masa pandemi sehingga dapat memberikan manfaat bukan hanya untuk kita teman-teman di bidang arsitektur melainkan juga berguna untuk masyarakat secara umum. Kegiatan ini berskala nasional dan mendapat dukungan yang sangat baik dari IAI Surakarta. Proses penjurian berjalan secara virtual melalui aplikasi tatap muka jarak jauh. Tim juri dalam kegiatan sayembara ini didukung oleh bapak Sigit Kusumawijaya (Arsitek – Urban Designer), bapak Qomarun (Dosen Arsitektur UMS – anggota IAI Surakarta), dan ibu Yayi Arsandrie (Dosen Arsitektur UMS). Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan mendapatkan 3 karya terbaik serta 1 karya terfavorit.

Rangkaian acara ARCHIFUN #11 diakhiri dengan Pameran Virtual Arsitektur. Kegiatan ini masih berjalan saat ini, dimulai dari tanggal 17 April 2021 dan akan berakhir pada 17 Mei 2021. Kegiatan ini mengusung tema “Nyasa Diri, Nyasa Alam”. Pameran ini mengusung isu ruang lingkungan yang dituangkan dalam layout keruangan pameran, mulai dari adanya permasalahan lingkungan yang dipandang dari kacamata arsitektur hingga terwujudnya ruang lingkungan yang berkelanjutan. Pameran ini menampilkan karya-karya mahasiswa seperti poster arsitektur yang tersusun sesuai dengan tema, hasil karya di kegiatan perkuliahan, sketsa dan desain, karya fotografi dari komunitas internal jurusan, serta karya mahasiswa Arsitektur UMS yang mengikuti kegiatan sayembara di luar kampus. Lima besar karya terbaik hasil Sayembara Desain Arsitektur juga ikut ditampilkan dalam acara pameran ini. Boleh dibilang, pameran ini menjadi pameran virtual pertama di Prodi Arsitektur UMS yang mengangkat konsep realtime. Kegiatan pameran ini dapat dilihat melalui website Lapentor sebagai tempat bagi pelaksanaan pameran-pameran virtual di internet. Informasi lebih rinci dapat diikuti melalui tautan berikut ini: http://bit.ly/archifun atau https://app.lapentor.com/sphere/archifun-exhibition . Informasi lebih detail juga dapat dilihat di akun Instagram Archifun @archifun_ums.

Penulis: Tatag Bagas