Prodi Arsitektur Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) bekerjasama dengan Architecture Department, Faculty of Civil Engineering and Built Environment, University Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM) menyelenggarakan serial Webinar Arsitektur Islam sejumlah 5 kali pertemuan dengan menghadirkan Assoc. Prof. Dr. Nangkula Utaberta sebagai narasumber penyampai materi utama dan Dr. Widyastuti Nurjayanti sebagai narasumber penyampai materi pengantar dengan tujuan agar peserta yang belum memiliki pengetahuan dasar mengenai Arsitektur Islam dapat memahami materi utama dengan topik yang berbeda untuk setiap pertemuan.

Pertemuan pertama diselenggarakan pada 25 Juli 2021 dengan judul materi utama Kontribusi Arsitektur Islam kepada Kesalahpahaman Islam untuk mengulas berbagai pandangan yang tidak tepat perihal Arsitektur Islam terkait historiografi, gagasan mengenai arsitektur, gagasan mengenai arsitektur religius, dan gagasan mengenai peradaban, yang dibuka dengan materi pengantar berjudul Implementasi Konsep Arsitektur Islam Dalam Desain. Dilanjutkan pertemuan kedua pada 30 Juli 2021 dengan judul materi utama Perumahan Islami di Malaysia: Kembali ke Agenda Kemanusiaan yang diawali dengan penyampaian materi pengantar berjudul Arsitektur Islam Dalam Empiri. Pertemuan ketiga diselenggarakan pada 31 Juli 2021 dengan judul materi pengantar Seni Islami Pada Bangunan dan dilanjutkan dengan penyampaian materi utama berjudul Masjid: Tipologi, Institusi, dan Pusat Pembangunan Masyarakat.

Pertemuan keempat diselenggarakan pada 9 Juli 2021 dalam rangkaian Engineering Talks #6 yang merupakan program Serial Webinar Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Pada pertemuan ini disampaikan materi utama berjudul Arsitektur Modern: Diskusi Nilai dan Pengajaran bagi Arsitektur Islam dengan materi pengantar berjudul Kontribusi Arsitektur Islam di Masa Pandemi Covid-19. Pada 16 Juli 2021 diselenggarakan pertemuan terakhir Serial Webinar Arsitektur Islam dengan materi pengantar Kedudukan Teori Arsitektur Islam Berbasis Nilai dan dilanjutkan dengan penyampaian materi utama berjudul Ke Arah Arsitektur Islam Berbasiskan Nilai: Sebuah Pemikiran ke Depan.

Serial Webinar Arsitektur Islam yang berlangsung cukup panjang setiap pertemuannya, yakni dimulai pada pukup 07.00 WIB sampai pukul 10.00 WIB dihadiri oleh sekitar 300 peserta dari Indonesia, Malaysia, dan Eropa meliputi kalangan dosen, peneliti, praktisi arsitektur, ASN, dan mahasiswa dari jenjang pendidikan S-1 hingga S-3. Diharapkan dengan diselenggarakannya rangkaian acara ini dengan topik materi yang luas dari persoalan konseptual yang bersifat filosofis sampai perancangan yang bersifat metodologis dan praktikal dapat memicu dan memacu perkembangan peminatan, pewacanaan dan pengkajian Arsitektur Islam di Indonesia pada khususnya dari ranah ilmu pengetahuan serta penerapannya dalam keprofesian arsitektur.

Informasi lengkap terkait materi dapat dilihat pada hyperlink berikut: Webinar Arsitektur Islam 2021

 

Penulis: Andika Saputra