KMTA Svargacitra

Keluarga Mahasiswa Teknik Arsitektur (KMTA) Svargacitra merupakan himpunan mahasiswa tingkat prodi di Arsitektur UMS yang bergerak dalam bidang akademik maupun non-akademik. Nama Svargacitra secara resmi menjadi identitas untuk himpunan mahasiswa arsitektur UMS. Tahun ini KMTA Svargacitra memiliki nama kabinet Vidyasvara yang berasal dari dua suku kata bahasa sansekerta. Vidya yang berarti pengetahuan, ilmu, dan filsafah, serta Svara yang berarti bunyi, suara, atau nada. Sehingga arti dari Vidyasvara adalah “Wadah yang dapat mengembangkan potensi dalam bidang akademik maupun non-akademik serta dapat menampung dan selalu berusaha mewujudkan suara warga arsitektur”.
 

KMTA Svargacitra memiliki 7 departemen untuk memaksimalkan fungsi dan perannya, adapun departemen tersebut antara lain:

Departemen Kemahasiswaan

Departemen Kemahasiswaan adalah departemen yang berfokus dalam kerjasama internah maupun eksternal KMTA Svargacitra. Adapun beberapa program kerja rutin dari Departemen Kemahasiswaan antaralain Dialog Akademik, Archtroduce (penerimaan mahasiswa baru), Studi Banding Himpunan, serta Pendataan Mahasiswa Berprestasi dan Info Sayembara.

Departemen Pengembangan dan Penelitian

Departemen Pengembangan dan Penelitian atau dikenal dengan DPP merupakan bagian dari KMTA Svargacitra yang memiliki fungsi sebagai wadah penerapan ilmu arsitektur dan juga koordinator PKM bagi mahasiswa arsitektur UMS. Di DPP juga terdapat program kerja untuk membagikan pengalaman kakak tingkat mengenai kerja praktik, serta rangkaian penerimaan mahasiswa baru terakhir yang dikenal dengan nama Studi Ekskursi. Adapun beberapa program kerja rutin DPP seperti STUPA Award, Workshop dan Pelatihan PKM, Sharing Kerja Praktik, dan Studi Ekskursi (STUDEK).

Departemen Redaksi dan Pameran

Departemen yang lebih dikenal dengan nama REDPAM ini merupakan departemen yang bergerak dibidang publikasi. REDPAM juga yang mengelola seluruh media sosial yang dimiliki KMTA Svargacitra, serta mengurusi konten-konten yang dimuat di dalamnya. REDPAM juga memiliki berbagaimacam program kerja seperti Worksho Layout, Archipedia dan Majalah Online, Dokumentasi acara, dan Mading KMTA Svargacitra.

Departemen Kerohanian

Dari namanya sudah sangat jelas sekali untuk mengjelaskan mengenai departemen yang satu ini. Seluruh kegiatan yang berbau keagamaan diurusi departemen yang satu ini, seperti yang ada dalam program kerjanya yaitu Tausiyah Online, Muslimah Day, Kajian Svargacitra, dan Kajian Akbar.

Departemen Minat dan Bakat

Departemen yang dikenal dengan MIKAT ini merupakan departemen yang mengurusi berbagai hal non-akademik dari KMTA Svargacitra. Departemen ini juga yang mengurusi berbagai divisi atau komunitas yang ada di bawah naungan KMTA Svargacitra. Adapun program kerja rutin dari MIKAT seperti Arak-Arakan Wisuda, Rapat Bulanan Divisi, dan KMTA Cup.

Departemen Sosial

Dapartemen Sosial merupakan departemen yang mengurusi seluruh kegiatan sosial baik internal maupun eksternal KMTA Svargacitra. Departemen ini memiliki program kerja rutinan seperti Infaq From Home, Post Care, Society, KMTA Mengjar, Pengabdian Masyarakat, Archicare, dan Green Arch.

Departemen Dana dan Usaha

Departemen yang lebih dikenal dengan nama DANUS ini merupakan salah satu departemen yang ada di KMTA Svargacitra yang mengurusi berbagai hal untuk menunjang keuangan KMTA Svargacitra. Bukan hanya itu, departemen ini juga mengupayakan untuk memberikan webinar mengenai berkewirausahaan bagi mahasiswa. Adapun program kerja dari departemen ini seperti Bazar ramadhan, Webinar Kewirausahaan, PO PDH KMTA Svargacitra, dan DANUS ONLINE.

X