Pusat Studi Arsitektur Islam

Sejarah

Dikenal dua cara pandang dalam mendefinisikan arsitektur Islam. Pertama, arsitektur Islami yaitu arsitektur yang didasarkan pada nilai-nilai ajaran Islam (syari’ah Islam) berdasarkan Al Qur’an dan Hadits. Kedua, arsitektur budaya Islam yaitu arsitektur produk budaya masyarakat Islam (muslim), baik arsitektur sebagai karya masyarakat Islam, arsitektur untuk peribadatan orang Islam, arsitektur yang berasal dari daerah, wilayah dan negara Islam atau arsitektur dari Jasirah Arab sebagai wilayah dimana agama Islam berasal. Luasnya konteks spasial dan budaya dalam batasan lingkup arsitektur Islam, menjadikan wujud arsitektur Islam sangat beragam. Variasi ini dikarenakan ajaran Islam (Al Qur’an dan Hadits) diinterpretasikan secara berbeda oleh masyarakatnya, dipengaruhi oleh ideologi  lain yang bersifat lokal.

Keragaman wujud di atas menjadikan objek kajian arsitektur Islam sangat luas pula dan menjadi perhatian para peneliti. Beberapa universitas di Amerika dan Eropa seperti Havard dan Oxford University telah mengembangkan bidang kajian ini. Diselenggarakannya Aga Khan Award sejak 1977 menjadi salah satu bukti perhatian dunia akademisi dan praktisi pada entitas arsitektur Islam (http://www.akdn.org/akaa_award10.asp). Di beberapa Perguruan Tinggi di Indonesia (Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia dan sebagainya),  telah memasukkan mata kuliah ‘arsitektur Islam’ ke dalam kurikulumnya.

Dalam menetapkan program unggulannya, Prodi Arsitektur mengacu Visi UMS dan Fakultas Teknik serta lingkungan eksternal lainnya. Sebagai bagian dari Perguruan Tinggi Islam Swasta dan amal usaha Muhammadiyah yang memiliki visi sebagai pusat pendidikan Islam dan Pengembangan IPTEKS yang Islami dan memberi arah perubahan. Fakultas Teknik UMS memiliki visi sebagai pusat unggulan di bidang keteknikan yang mampu menghasilkan lulusan berkualitas dan kompetitif dalam pasar kerja baik untuk skala lokal, nasional maupun internasional yang berkarakter dan berjiwa Islami. Bertolak dari kedua visi besar di atas, perkembangan ilmu arsitektur Islam dalam konteks global serta karakteristik religi masyarakat Indonesia yang didominasi oleh kaum muslim, ditetapkan  secara tegas bahwa Program Studi Arsitektur sebagai Pusat Unggulan Arsitektur Islam.

Pada tahun 2004 Prodi Arsitektur UMS mendirikan Pusat Studi Arsitektur Islam (PSAI) guna mendukung upaya pencapaian unggulan prodi di atas. PSAI dikukuhkan berdasarkan SK Dekan Fakultas Teknik UMS No.033/IV/FT/2004 tanggal 27 September 2004, yang kemudian diperbaharui dengan SK Rektor UMS No. 056/IV/2005 pada tanggal 30 Juni 2005. Pada tahun 2018 dilakukan pembaharuan pengelola  PSAI dengan SK Rektor UMS No 32/IV/2018 tanggal 19 Maret 2018 tentang Pergantian Pengelola Pusat Studi Arsitektur Islam Universitas Muhammadiyah periode 2018-2021.

Pandangan Filosofi

‘Pusat Studi Arsitektur Islam (PSAI) merupakan sebuah organisasi nir laba yang fokus pada kegiatan pengembangan ilmu, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk mewujudkan lingkungan binaan madani.’

Pandangan filosofis PSAI didasarkan pada asumsi sebagai berikut:

  • Tujuan dari Arsitektur Islam bukanlah untuk asitektur itu sendiri. Arsitektur Islam sebagai wadah bagi kehidupan manusia yang berdimensi artefak-teknologis merupakan sarana untuk mewujudkan kualitas manusia yang beradab.
  • Manusia beradab merupakan hamba sekaligus wakil Allah yang mampu mengenali dan mengakui kedudukan segala sesuatu sesuai dengan tempatnya yang benar berdasarkan derajat dan martabat yang telah Allah tetapkan.
  • Ikhtiar mewujudkan kualitas manusia yang beradab hanya dimungkinkan di dalam lingkungan binaan Madani.
  • Lingkungan binaan Madani merupakan ruang hidup di mana Islam sebagai Dien diterapkan secara menyeluruh dalam seluruh aspek kehidupan manusia.
  • Lingkungan binaan Madani meliputi ruang masjid, ruang pendidikan dan ruang hunian yang disebut dengan trilogi ruang Madani.
  • Idealitas lingkungan binaan Madani telah terwujud dalam sejarah Peradaban Islam merujuk pada ruang Madinah di masa hidup Rasulullah Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallambeserta para sahabat beliau yang didaulat oleh Allah sebagai generasi pertama sekaligus generasi terbaik umat Islam yang menjadi teladan bagi generasi setelahnya hingga Hari Kiamat.

Struktur Organisasi

2018-2021

Berdasarkan SK Rektor UMS No 32/IV/2018 tanggal 19 Maret 2018 tentang Pergantian Pengelola Pusat Studi Arsitektur Islam Universitas Muhammadiyah periode 2018-2021, struktur organisasi PSAI sebagai berikut:

Visi, Misi, Tujuan dan Program Kerja

Visi

PUSAT PENGEMBANGAN ILMU, PENELITIAN, DISEMINASI DAN PENGAMALAN ARSITEKTUR ISLAM


Misi

  1. Pengembangan ilmu pengetahuan Arsitektur Islam melalui kegiatan penelitian dalam ranah filosofis teritic (philosophical – basic research), terapan (applied-research) hingga riset pengembangan (research and development) dengan focus pada trilogi lingkungan Madani mencakup Arsitektur Masjid, Arsitektur Madrasah dan Arsitektur Hunian.
  2. Penyebarluasan hasil penelitian melalui diseminasi dan publikasi dalam skala lokal, nasional dan internasional.
  3. Pengamalan ilmu melalui pengabdian masyarakat yang didasari hasil penelitian Arsitektur Islam sebagai bentuk dakwah.
  4. Kegiatan penelitian, pengabdian dan publikasi dilakukan secara siklis membentuk rumpun ilmu arsitektur Islam


Tujuan

  1. Terciptanya institusi Pusat Studi Arsitektur Islam (PSAI) yang solid untuk mendukung pengembangan arsitektur Islam secara optimal
  2. Berkembangnya Arsitektur Islam sebagai bidang keilmuan, metode penelitian dan perancangan yang diunggulkan oleh Program Studi Arsitektur UMS
  3. Menjadi pusat referensi desain Arsitektur Masjid, Arsitektur Madrasah dan Arsitektur Hunian
  4. Meningkatnya jangkauan, kontinuitas dan progresifitas publikasi dan aplikasi arsitektur Islam
  5. Terbangunnya lingkungan madani secara bertahap


Program Kerja

 
  1. Program Kerja Jangka Panjang (2018-2029)
    Target: Optimalisasi Peran PSAI dalam Penguatan Arsitektur Islam sebagai Bidang Keilmuan dan Layanan Masyarakat
  2. Program Kerja Jangka Menengah (2018-2021)
    Target: Sinkronisasi Kinerja PSAI sebagai Pendukung Unggulan Prodi Arsitektur UMS
  3. Program Kerja Tahunan (2018-2019)
    Target: Penguatan Internal PSAI

Untuk Rencana Strategi PSAI dapat diunduh disini.